Sabtu, 21 Januari 2012

Provinsiku

PROVINSIKU....


Untuk pertama ini saya mau share tentang provinsi dimana saya dilahirkan yaitu Sumatera Selatan, 
Sumatera Selatan yang ber ibukota kan Palembang ini memiliki 4 kota dan 11 kabupaten. 4 kota tersebut yaitu kota Palembang, kota Pagaralam, kota Lubuk Linggau, kota Prabumulih, sedangkan 11 kabupaten itu adalah kabupaten Ogan Komerig Ilir (ini kabupaten saya), Ogan Iir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Muara Enim, Banyuasin, Musi Banyuasin, Empat Lawang, Musi Rawas, dan Lahat.

Makanan khas yang ada di Sumatera Selatan ini adalah pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak. Selain itu Sumatera Selatan juga memiliki tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti : Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, Kota Pagaralam dan lain-lain. Kerajinan tangan di Sumatera Selatan itu sendiri yang terkenal itu adalah kain songket. Bahan sewet songket ini ditenun secara teliti dengan mengunakan bahan benang Ciri khas songket Palembang terletak pada kehalusan dan keanggunannya sangat menonjol serta motifnya tidak sama dengan motif kain songket daerah lain. Oleh karena itu sewet songket ini dibuat dengan bahan halus dan seni yang tinggi maka harganya cukup mahal. Biasanya dipakai pada waktu tertentu pada saat perayaan perkawinan.

itulah sekilas tentang provinsi yang merupakan provinsi kelahiran saya.

ampera masih berfungsi

ampera kala itu

ampera saat malam hari

ampera saat siang hari

pempek nih!

eum,,,jadi laper

ada beraneka ragam kerupuk juga

eum...nyammi,,,

ayo para pembaca semua kalau ada waktu main-main ke Palembang, dan silahkan nikmati makanan khasnya, enggak makan pempek belum lengkap rasa nya kalau datang ke Palembang. hehehehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar